Pesona Wisata Alam Cibulan Kuningan Jabar

Namanya adalah kolam renang atau pemandian Cibulan. Lokasi ini adalah salah satu destinasi liburan favorit loh di Kuningan. Banyak pengunjung datang ke tempat ini tiap tahunnya, baik dari kawasan sekitar ataupun luar Provinsi.
Daerah Cibulan, Cidahu, ini masih termasuk di kaki Gunung Ciremai sehingga pemandian ini menyajikan wisata air dingin kepada pengunjungnya. Karena juga masih merupakan wilayah kaki Gunung, tentu rekan-rekan bisa menebak bahwa cuaca daerah Kuningan masih sangat sejuk bahkan tidak jarang kabut tipis turun dari Gunung.

Rute Perjalanan
Berbicara mengenai rute perjalanan yang harus diambil, ternyata tidak sulit kok kawan, karena letak pemandian Cibulan berada di jalan raya. Tepatnya adalah di kawasan Jalan Raya Kuningan-Cirebon dengan jaraknya sekitar 9,5-10 km dari pusat kota. Rekan-rekan yang ingin berkunjung bisa melalui berbagai rute diantaranya dari arah Jalan Siliwangi, hingga menemukan sebuah tugu di samping Taman Kunci Bersama. Bila rekan-rekan melalui rute ini, akan menemukan beberapa bangunan penting di Kota Mangga ini, seperti stadion dan juga pasar tradisional.

Daya Tarik
Rekan-rekan yang sudah menikmati keindahan wilayah Jabar, ataupun setelah turun dari kawasan Gunung Cereme atau Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, Pemandian Cibulan di Kuningan ini adalah suatu opsi menarik untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. kawan, di kawasan Kuningan, terdapat tiga lokasi pemandian yang menjadi destinasi pariwisata terkenal di Kota Mangga. Pemandian itu adalah Kolam Cigugur, Linggarjati, dan tentunya Kolam Renang Cibulan. Ketiganya terkenal sebagai tempat pemandian yang menyimpan nilai sejarah. Di Cibulan terdapat dua kolam besar sebagai suatu objek utama. Kolam pertama berbentuk persegi panjang dengan kedalaman 2 meter dan kolam berbentuk persegi. Uniknya, masing-masing dari kola mini masih dibagi dengan kedalaman berbeda loh, yaitu 120 cm dan 60 cm. Salah satu daya tarik di Cibulan juga adalah adanya mitos misteri atau legenda mengenai ikan keramat. Kawan, yang dimaksud adalah ikan berspesies duoronensis. Ikan ini ternyata memiliki ukuran cukup besar loh. Di kolam renang Cibulan ini memang sangat banyak terdapat ikan dengan warna abu-abu kehitaman. Penduduk sekitar menganggap ikan tersebut sebagai ikan dewa dan dianggap keramat. Seperti cerita rakyat atau mitos pada umumnya, kisah ini diberikan melalui nenek moyang dan diceritakan secara turun temurun pada keturunannya, hingga masyarakat kita saat ini menerimanya. kisah seperti ini tentu akan membuat beberapa orang tertarik datang atau adapula yang tidak berani datang karena takut. By the way, keistimewaan Cibulan ternyata tidak hanya itu kawan. Lokasi ini juga adalah tempat wisata tertua di Kuningan. Kolam renang Cibulan mulai dibuka sejak tahun 1939 loh. Bangunan dari objek wisata Cibulan masih sangat kental dengan nuansa sejarah. Banyak cerita yang beredar tentang asal usul lokasi ini dengan berbagai versi. Sekalipun demikian, kita perlu mengapresiasi usaha pemerintah juga masyarakat yang tetap menjaga lingkungan sehingga kawasan ini tetap eksis hingga sekarang.

Fasilitas
Kolam renang yang ada di Cibulan adalah pemandian yang sumber airnya berasal dari Gunung Ciremai. Kalau sudah demikian, tentu bisa terbayang bukan bagaimana segarnya ketika berendam atau bermain air di pemandian ini. Selain memberikan pesona pemandian air dingin yang jernih, fasilitas lain yang ditawarkan adalah berenang bersama dengan Ikan Kancra Bodas yang panjangnya dapat mencapai 1 meter. Di sekitar lokasi rekreasi juga terdapat sumber mata air yaitu tujuh (7) sumur. Pihak pengelola wisata sudah memberikan pengelolaan yang baik di destinasi ini. Ketika pengunjung akan masuk, sudah disediakan loket untuk membayar tiket masuk. Tarif yang diberikan adalah sekitar Rp17.000 untuk orang dewasa, sementara itu untuk anak-anak hanya diminta membayar seharga Rp12.000. Selain sebagai lokasi wisata, ternyata kawasan Cibulan juga adalah sumber untuk mencukupi kebutuhan air bersih di kompeks perusahaan serta masyarakat sekitar. Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Kuningan menggunakan Cibulan sebagai sumber air unutk Kantor Daerah Operasi Hulu Jawa di Klayan Cirebon.Selain itu, di sekitar kawasan wisata juga terdapat banyak masyarakat yang menjajakan makanan ataupun minuman. Pihak pengelola pariwisata juga telah mengatur serta memberikan penataan yang baik sehingga pengunjung tetap dapat menikmati waktu liburannya namun masyarakat sekitar juga mendapatkan kesempatan untuk bekerja. Saat ini, setidaknya sudah terdapat sekitar 20 warung makan yang berada di kawasan Cibulan. Selain itu, pemandian ini juga dilengkapi dengan toilet atau kamar mandi dengan fasilitas yang lengkap. Pengunjung juga bisa menggunakan fasilitas ruang ganti, persewaan ban ataupun mushola. Bila ingin mendapatkan pengalaman wisata tambahan, bisa juga loh untuk mencoba terapi ikan Nilem dengan tarif Rp5.000 per orang. Terapi ini dilakukan dengan cara mencelupkan bagian tubuh (biasanya kaki) ke kolam yang sudah diisi dengan ikan-ikan. Ikan Nilem di kolam akan memakan sel-sel kulit mati dari kaki pengunjung. Rasanya akan sedikit geli karena mulut-mulut ikan itu memakan sel kulit mati kita. Namun terapi seperti ini memang perlu waspada jika sampai kaki kita terluka karena gigitan ikan.

Sebagai tambahan info, ada beberapa tips yang mungkin bisa rekan-rekan gunakan sebagai bekal liburan di Cibulan. Yuk simak. Karena lokasi liburan kali ini adalah pemandian, tentunya jangan lupa untuk membawa baju ganti dan seluruh perlengkapan mandi yang kalian perlukan kawan. Jangan lupa juga untuk membawa plastik atau tas anti air untuk menyimpan pakaian yang sudah basah terkena air. Bagi rekan-rekan yang memiliki passion dalam bidang fotografi, bisa kok untuk sekalian berlibur dengan membawa peralatan foto. Salah satu yang kami sarankan untuk dibawa adalah kamera underwater untuk mengambil beberapa gambar. Bisa juga dengan mengabadikan dalam bentuk video/vidio. Bagi rekan-rekan yang ingin bermain dengan ikan, harap tetap berhati-hati karena ukuran ikan yang cukup besar. Mintalah petugas untuk mendampingi sehingga kalian bisa tetap menikmati bermain dengan ikan tetapi juga tidak membuat mereka stress. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan wilayah sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan.Nah sekian dulu deskripsi mengenai destinasi wisata kita kali ini kawan. Jangan ragu untuk berlibur di kawasan ini karena di daerah Cibulan, Cidahu sudah banyak terdapat hotel atau penginapan. Satu lagi, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh khas Kuningan, salah satunya adalan Sorabi Cibulan.

Sumber: https://www.jejakpiknik.com/cibulan-kuningan/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *